Mesin Tekuk Aluminium

 Mesin Press Brake digunakan untuk menekuk atau membending plat logam dengan sudut tertentu (biasanya 90 derajat). Mesin ini banyak digunakan di industri karoseri (body, chassis, bak truk dll.), pembuatan box (panel listrik, rumah lampu, safety box, lift, silent box dll.), pembuatan kitchen set, dll.

Mesin Press Brake dari Tenaga yang digunakan umumnya terbagi menjadi 3 bagian :

Mesin Tekuk Plat Manual:  Mesin ini menggunakan tenaga manusia yang dibantu dengan bandul pemberat. Mesin ini tidak menggunakan sumber daya listrik sedikitpun murni menggunakan tenaga manusia.
Kelebihan : mesin ini adalah murah dan hemat biaya operasionalnya,
Kekurangan : hanya cocok untuk plat berbahan dasar mild steel tipis (tebal plat kurang dari 1-2 mm) atau alumunium.

Mesin Tekuk Plat Mekanikal:  Mesin ini menggunakan tenaga motor listrik yang dibantu dengan semacam roda gila yang berfungsi sebagai pengumpul tenaga.
Kelebihan : mesin ini adalah berkecepatan tinggi dan tenaganya besar,
Kekurangan: konsumsi listriknya besar dan suaranya sangat berisik serta tingkat kepresisiannya rendah.

Mesin Tekuk Plat Hidrolik: Mesin ini menggunakan sistem hidrolik sebagai sumber tenaga penekuknya. Mesin ini membutuhkan daya listrik yang lebih efisien (dibandingkan tipe mekanikal) untuk menggerakkan pompa hidroliknya, mesin ini menggunakan fluida dalam sistem hidroliknya berupa oli hidrolik yang secara berkala harus diganti (2000 jam).
Kelebihan : mampu menekuk atau bending plat2 yang tebal (tergantung kapasitas mesin) seperti mild steel, stainless steel dan alumunium, akurasinya terkontrol.  Kekurangan : relatif lambat kerjanya, walaupun konsumsi listrik lebih efisien dibandingkan tipe mekanikal (tetapi ada tambahan biaya rutin untuk penggantian oli)

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin bending plat ini adalah sebagai berikut :

  1. Tebal Plat yang akan dibending atau ditekuk, satuannya mm
  2. Panjang kerja bending atau tekukannya, satuannya mm
  3. Lebar V opening yang dipakai, satuannya mm

Tensile Strength dari material yang dipakai, satuannya kg/mm2
Dari hal2 yang tersebut diatas akan bisa ditentukan besarnya kebutuhan tonase dari mesin bending plat. Untuk keamanan baiknya ditambahkan safety factor sebesar 0,1 dari total kebutuhan tonase.

    


Who's Online

We have 23 guests and no members online

TMN Trending Hashtags

There are no trending hashtags at this moment.

TMN Discussions

TMN Events Calendar