Pengecatan Casing dengan Powder Coating

Powder coating sejauh ini merupakan teknik finishing dari permukaan serupa dengan cat yang umum digunakan saat ini. Teknik Powder Coating atau pengecatan kering ini pertama kali digunakan di Australia pada 1967.

Powder coating sepenuhnya adalah proses finishing kering. Yang terdiri dari partikel-partikel yang dihaluskan, seperti resin, pigmen, dan bahan baku lainnya yang diberikan muatan elektrostatis dan disemprotkan ke objek yang akan dilapisi atau di cat.

Objek benda yang akan di proses dengan Powder Coating ini terlebih dahulu di bersihkan dari segala bentuk kotoran termasuk minyak dan debu dengan tujuan untuk mengurangi kegagalan dalam proses coating (pelapisan).

Terdapat 2 teknik pengecatan kering:

  • Pencelupan
    Benda yang akan di lapisi di celupkan kedalam bak yang berisi powder coating yang telah diberi muatan elektostatik.
  • Penyemprotan
    Powder coating yang telah diberi muatan elektostatik di semprotkan kepada objek yang akan dilapisi.

Setelah benda melalui salah satu proses tersebut diatas kemudian benda yang telah terlapisi powder coating dimasukan kedalam oven, tujuannya untuk melelehkan dan menyatukan partikel bubuk sehingga membentuk lapisan-lapisan yang halus yang melapisi objek atau benda kerja.

Terdapat 2 jenis powder coating yang tersedia untuk melapisi permukaan suatu benda kerja:

  • Thermo Plastik
    Material bubuk ini akan mengalami pencairan jika benda kerja mendapat perlakuan panas,
  • Thermosetting
    Merupakan bahan yang kuat dan tidak akan mencair kembali walaupun benda kerja mendapat perlakuan panas.

Selama proses pengopenan reaksi kimia silang alkan terjadi karena dipicu oleh temperatur oven dan oleh karena reaksi kimia itulah yang memberikan banyak sifat unggul pada pelapisan atau pengecetan dengan menggunakan pengecatan metode kering (powder coating).

Pengecatan atau pelapisan dengan menggunakan metode pengecatan kering ini sering di gunakan/ diaplikasikan pada benda yang terbuat dari aluminium atau besi. Mengapa aluminium? Bahan yang terbuat dari aluminium sangat sulit untuk dilapisi terutama dengan menggunakan cat basah.


Who's Online

We have 82 guests and no members online

TMN Trending Hashtags

There are no trending hashtags at this moment.

TMN Discussions

TMN Events Calendar