Desain PCB dan Embedded System

Fungsi SCR (Sillicon Controlled Rectifier)

Silicon Controlled Rectifier ( SCR ) adalah salah satu komponen yang mirip dengan transistor karena memiliki tiga buah kaki. Tapi kaki pada SCR tidak sama dengan kaki yang terdapat pada transistor. Kaki yang terdapat pada SCR terdiri dari ; A = Anoda, G = Gate, K = Katoda. Jadi jelaslah bahwa fungsi SCR ini beda dengan transistor.

Read more ...

Teori Dasar MOSFET

MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) adalah suatu transistor dari bahan semikonduktor (silikon) dengan tingkat konsentrasi ketidakmurnian tertentu. Tingkat dari ketidakmurnian ini akan menentukan jenis transistor tersebut, yaitu transistor MOSFET tipe-N (NMOS) dan transistor MOSFET tipe-P (PMOS).

Read more ...

Teknologi Sensor Instrumentasi

Anda melakukan pengukuran dengan instrumen. Instrumentasi membantu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmuawan dan insinyur di seluruh dunia menggunakan instrumen untuk mengamati, mengendalikan, dan memahami perubahan fisik. Kualitas kehidupan kita bergantung pada instrumentasi - dari riset dasar sains dan obat-obatan hingga desain, tes, dan manufaktur elektronik, bahkan mesin dan kendali proses pada berbagai industri.

Read more ...

Migrasi Elektro-elektron

Untuk mengetahui bagaimana elektron-elektron dapat bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain maka kita harus melakukan percobaan sederhana berikut. Letakkan potongan-potongan kecil kertas aluminium foil di meja. Anda juga dapat menggunakan gabus penutup botol untuk menggantikan potongan-potongan aluminium foil tersebut. Gosoklah sebuah pena yang terbuat dari plastik dengan kain wol kering selama 15-20 detik. Peganglah pena plastik tersebut sejauh beberapa milimeter di atas potongan-potongan kertas. Potongan-potongan kertas itu akan melompat dan menempel di permukaan pena. Beberapa di antara potongan tersebut dapat melompat naik-turun hingga beberapa kali.

Read more ...

Internet of Things

Dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet, maka kita menuju babak berikutnya, di mana bukan hanya smartphone atau komputer saja yang dapat terkoneksi dengan internet. Namun berbagai macam benda nyata akan terkoneksi dengan internet.

Read more ...

Blinking LED – Blinking LED tanpa delay( )

LED (Light Emitting Diode) adalah sebuah komponen diode yang dapat memancarkan cahaya. LED sudah umum dijumpai pada berbagai perangkat elektronik, mulai sebagai indikator power adaptor, hingga display papan iklan.

TMN Studio – Electronics

Membuat LED blinking terlihat mudah di Arduino, kita menyalakan beberapa saat, kemudian mematikan, lalu terus siklus berulang-ulang. Akan tetapi, kondisi tunggu ini membuat Arduino berhenti mengeksekusi perintah lainnya. Jadi ketika fungsi delay( ) diekseskusi, maka terjadi kondisi tunggu ini sedangkan instruksi selanjutnya baru dapat diproses setelah interval delay terlampaui. Kita akan membuat blinking LED ketika itu instruksi lainnya sedang dieksekusi.

Read more ...

Who's Online

We have 24 guests and no members online