Apa itu Arduino?

Saat itu tahun 2005 ketika beberapa orang dari Interactive Design Institute Ivrea, Italia ingin menciptakan sebuah board mikrokontroler sederhana bagi siswa mereka - sebuah board yang lebih modern, lebih murah, dan lebih mudah digunakan daripada desain yang tersedia pada saat itu. Dan mereka menamakannya Arduino, setelah bar lokal, yang dinamai King Arduino.

Versi awal adalah besar, rumit untuk menghubungkan, dan tidak memiliki USB, dan fitur lainnya yang biasa ditemukan hari ini, tapi board memiliki potensi. Sekarang, Arduino terkenal karena kesederhanaan dan kemudahan penggunaan. Anak-anak dapat membangun proyek menggunakan Arduino, yang sebelumnya 10 tahun yang lalu dikerjakan oleh para insinyur.

Seluruh desain open source dan tiruan dari board saat ini dapat ditemukan di mana-mana di seluruh dunia. Tidak diketahui jumlah board Arduino yang telah tersebar tetapi dalam kisaran ratusan ribu atau bahkan lebih. Semua orang dapat merancang proyek mereka sendiri berdasarkan standar yang telah diciptakan pada tahun 2005.
Hari ini, Arduino telah tersedia di setiap sudut planet ini dan bahkan di lebih dari itu. Hal ini telah memicu revolusi lainnya seperti pembuat, open source dan perkembangan cetak 3D. Hal ini terus ditingkatkan menjadi lebih cepat dan menangani lebih. Tapi apa Arduino?

Arduino adalah board mikrokontroler, dirancang untuk menghubungkan ke elektronik dan mengendalikan mereka. Kita dapat menulis kode untuk Arduino yang akan mendapatkan data dari lingkungan, dan membuat keputusan dan mengambil tindakan berdasarkan data. Robot, printer 3D, mainan, bahkan toaster mungkin memiliki Arduinodi  dalamnya, memberikan kendali untuk semua interaksi.

Situs  ini berisi instruksi sederhana yang menunjukkan bagaimana menerapkan topik utama dari Arduino, mulai dari interaksi dasar dengan tombol dan LED, naik ke interaksi dengan Global Positioning System (GPS), membuat musik, atau berkomunikasi dengan internet. Hal ini dimaksudkan untuk pemrograman atau penghobi elektronik yang ingin menggabungkan yang terbaik dari kedua interaksi untuk membangun proyek-proyek interaktif lainnya.


Who's Online

We have 60 guests and no members online