Building Web Apps in WebView

Jika Anda ingin memberikan aplikasi web (atau hanya halaman web) sebagai bagian dari aplikasi klien, Anda dapat melakukannya dengan menggunakan WebView. WebView class merupakan ekstensi dari Android View class yang memungkinkan Anda untuk menampilkan halaman web sebagai bagian dari layout Activity Anda.

Ini tidak termasuk fitur web browser sepenuhnya dikembangkan, seperti kontrol navigasi atau address bar. Semua yang WebView lakukan secara default adalah menampilkan halaman web.

Sebuah skenario umum di mana menggunakan WebView membantu ketika Anda ingin memberikan informasi dalam aplikasi Anda yang mungkin Anda perlu memperbarui, seperti perjanjian pengguna akhir atau buku petunjuk. Dalam aplikasi Android Anda, Anda dapat membuat sebuah Activity yang berisi WebView, kemudian menggunakannya untuk menampilkan dokumen Anda yang host online.

Skenario lain di mana WebView dapat membantu adalah jika aplikasi Anda memberikan data ke pengguna yang selalu membutuhkan koneksi internet untuk mengambil data, seperti email. Dalam hal ini, Anda mungkin menemukan bahwa lebih mudah untuk membangun WebView dalam aplikasi Android Anda yang menunjukkan sebuah halaman web dengan semua data pengguna, daripada melakukan permintaan jaringan, maka parsing data dan rendering itu dalam layout Android. Sebaliknya, Anda dapat merancang halaman web yang disesuaikan untuk perangkat Android dan kemudian menerapkan WebView di aplikasi Android Anda yang memuat halaman web.

Dokumen ini menunjukkan Anda bagaimana untuk memulai dengan WebView dan bagaimana melakukan beberapa hal tambahan, seperti navigasi handle page dan menggunakan JavaScript dari halaman web Anda untuk kode sisi klien dalam aplikasi Android Anda.

Adding a WebView to Your Application


Untuk menambahkan WebView ke dalam Aplikasi Anda, cukup mudah dengan memasukkan <WebView> element ke dalam layout activity. Sebagai contoh, berikut ini file layout yang mama WebView memenuhi layar:

<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
<WebView  xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
   
android:id="@+id/webview"
   
android:layout_width="fill_parent"
   
android:layout_height="fill_parent"
/>

Untuk memuat sebuah halaman web dalam WebView, gunakan loadUrl(). Contoh:

WebView myWebView = (WebView) findViewById(R.id.webview);
myWebView
.loadUrl("http://www.example.com");

Sebelum hal ini dapat berjalan, aplikasi harus memiliki akses ke internet. Untuk mendapatkan akses Internet, lakukan konfigurasi INTERNET permission dalam file manifest. Contoh:

<manifest ... >
   
<uses-permission android:name="android.permission.INTERNET" />
    ...
</manifest>

Dengan demikian semua yang Anda butuhkan untuk WebView dasar yang menampilkan sebuah halaman web.


Who's Online

We have 66 guests and no members online

TMN Trending Hashtags

There are no trending hashtags at this moment.

TMN Discussions

TMN Events Calendar