Pentingnya Algoritma bagi Programmer

Sebuah komputer dapat digunakan untuk menyelesaikan beragam masalah yang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Agar komputer dapat melakukan hal yang kita inginkan, maka kita harus menulis program komputer tersebut.

Dalam sebuah program komputer, kita memberikan instruksi kepada komputer secara bertahap apa yang kita inginkan. Komputer kemudian akan mengeksekusi program yang telah kita buat hingga mencapai tujuan dari program tersebut.

Tahap sistematis yang dijalankan oleh komputer dalam menyelesaikan masalah disebut sebagai algoritma.

Flowchart adalah representasi grafis atau simbolik dari sebuah algoritma. Flowchart adalah representasi diagramatik solusi tahap demi tahap berdasarkan masalah yang diberikan.

Desain program terdiri dari tahap-tahap yang harus dilakukan oleh programmer sebelum memulai penulisan kode progrqam dalam bahasa yang spesifik. Desain program yang tepat dapat membantu programmer memelihara program di masa mendatang.

Algoritma

Mari kita lihat di sekitar kita. Komputer dan jaringan ada dimana-mana, memungkinkan sebuah jaringan yang rumit dari suatu aktivitas manusia yang cukup kompleks: pendidikan, perdagangan, hiburan, penelitian, pabrik, manajemen kesehatan, komunikasi, bahkan peperangan. Dua fondasi utama dari pertumbuhan teknologi yang berkembang pesat, yang pertama: pengembangan tingkat tinggi di bidang mikrolektronik dan desain chip semakin cepat dan juga hardware dengan kemampuan lebih cepat. Yang kedua adalah algoritma yang semakin efisien yang mengakomodasi revolusi komputer saat ini.


Who's Online

We have 4 guests and no members online