Desain PCB dan Embedded System

Apa itu ICT (In-Circuit Testing)

In-circuit testing (ICT) menguji pengerjaan perakitan PCB, yaitu pengujian white box. Di sini, kami menggunakan probe elektrik untuk memeriksa PCB yang terpasang komponen apakah ada hubungan pendek (short), terbuka (tidak tersambung), dan nilai resistansi, kapasitansi, dan kualitas dasar lainnya. Secara tradisional, ICT menggunakan metode pengujian berbasis “bed of nails” fixture. Ini semacam papan khusus yang berisi jarum pin yang mengetes setiap besaran listrik yang terjadi. Untuk setiap perakitan PCB, diperlukan perlengkapan ICT khusus yang terdiri dari satu set pin pogo pegas yang menghubungi PCBA (Printed Circuit Board Assembly) di lokasi titik uji yang dirancang. Setiap pin pogo terhubung dengan satu simpul/titik uji di PCBA (Printed Circuit Board Assembly) yang diuji.

Read more ...

PCB Capability

Sebelum melakukan desain, sebaiknya mempelajari terlebih dahulu spesifikasi PCB yang dapat diproduksi oleh vendor PCB. Tujuannya agar ketika desain sudah selesai dan siap diproduksi bisa segera diproses tanpa perlu melakukan revisi sesuai persyaratan yang diminta oleh bagian manufaktur. Berikut ini spesifikasi PCB yang dapat kami produksi oleh TMN Custom:

Item Manufacture Capability
Layers 1-4
Material FR-4
Board Thickness .016” - 0.1” (0.4mm-2.5mm)
Copper Thickness 0.5oz - 2oz (18um-70um)
Board size 500x400mm
Min Tracing/Spacing 0.127mm (5mil)
Min Annular Ring 0.15mm (6mil)
Min drilling Hole diameter 0.25mm (10mil)
Min width of cutout (NPTH) 0.8mm
Min width of slot hole (PTH) 0.6mm
Solder Mask LPI,different colors (Green,Black,White,Red,Yellow,Blue)
Silkscreen color White,Black
Surface finish HASL,Lead Free HASL,ENIG (1-5 micro inches)
Max.thickness of Au in ENIG 3-5 micro inches
Surface/Hole plating thickness 20-30um
Board thickness tolerance +/-0.1mm = +/-10% of thickness of board
Board size tolerance +/-0.1mm = +/-0.3mm
PTH hole size tolerance +/-.003” (+/-0.08mm) = +/-.006” (+/-0.15mm)
NPTH hole size tolerance +/-.002” (+/-0.05mm)
Copper thickness tolerance 0um = +20um
SM tolerance(LPI) .003” (0.075mm)
SMD Pitch 0.2mm (8mil)
BGA Pitch 0.25mm (10mil)
Aspect Ratio 1:8 (hole size:board thickness)
Test 10V-250V, flying probe or testing fixture

 

Cara Generate File Gerber dari Altium(DXP/.PCB.PCBDOC)

Sebelum melakukan pemesanan "Cetak PCB" di TMN Project, siapkan file dalam bentuk Eagle atau Gerber. Bagi desainer/project manager yang memiliki file desain di luar format software Eagle, maka perlu melakukan export/generate ke format Gerber. Berikut kami berikan tutorial singkat cara export/generate Gerber dari software Altium Designer.

Tahap 1: Pekerjaan sebelum menghasilkan file Gerber

Sebelum membuat file Gerber, Anda perlu menetapkan kriteria, tetapi untuk sebagian besar desainer PCB, ini belum tentu. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang pengaturan ini, Anda juga dapat mengabaikan pengaturan ini saat menghasilkan file Gerber.

1. Pengaturan bentuk dan ukuran PCB, umumnya adalah mechanic1,2 layer.

2. Sebelum menghasilkan file Gerber, preprocess file PCB.

Preprocess meliputi:

  • Tambahkan break away rails PCB
  • Tambahkan stamp hole.
  • Tambahkan the machine jack.
  • Tambahkan mouting hole
  • Tambahkan drilling description.
  • Tambahkan dimension description.
  • Set the origin
Read more ...

Fungsi SCR (Sillicon Controlled Rectifier)

Silicon Controlled Rectifier ( SCR ) adalah salah satu komponen yang mirip dengan transistor karena memiliki tiga buah kaki. Tapi kaki pada SCR tidak sama dengan kaki yang terdapat pada transistor. Kaki yang terdapat pada SCR terdiri dari ; A = Anoda, G = Gate, K = Katoda. Jadi jelaslah bahwa fungsi SCR ini beda dengan transistor.

Read more ...

Teori Dasar MOSFET

MOSFET (Metal Oxide Semiconductor Field Effect Transistor) adalah suatu transistor dari bahan semikonduktor (silikon) dengan tingkat konsentrasi ketidakmurnian tertentu. Tingkat dari ketidakmurnian ini akan menentukan jenis transistor tersebut, yaitu transistor MOSFET tipe-N (NMOS) dan transistor MOSFET tipe-P (PMOS).

Read more ...

Teknologi Sensor Instrumentasi

Anda melakukan pengukuran dengan instrumen. Instrumentasi membantu perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ilmuawan dan insinyur di seluruh dunia menggunakan instrumen untuk mengamati, mengendalikan, dan memahami perubahan fisik. Kualitas kehidupan kita bergantung pada instrumentasi - dari riset dasar sains dan obat-obatan hingga desain, tes, dan manufaktur elektronik, bahkan mesin dan kendali proses pada berbagai industri.

Read more ...

Migrasi Elektro-elektron

Untuk mengetahui bagaimana elektron-elektron dapat bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain maka kita harus melakukan percobaan sederhana berikut. Letakkan potongan-potongan kecil kertas aluminium foil di meja. Anda juga dapat menggunakan gabus penutup botol untuk menggantikan potongan-potongan aluminium foil tersebut. Gosoklah sebuah pena yang terbuat dari plastik dengan kain wol kering selama 15-20 detik. Peganglah pena plastik tersebut sejauh beberapa milimeter di atas potongan-potongan kertas. Potongan-potongan kertas itu akan melompat dan menempel di permukaan pena. Beberapa di antara potongan tersebut dapat melompat naik-turun hingga beberapa kali.

Read more ...

Internet of Things

Dengan semakin berkembangnya infrastruktur internet, maka kita menuju babak berikutnya, di mana bukan hanya smartphone atau komputer saja yang dapat terkoneksi dengan internet. Namun berbagai macam benda nyata akan terkoneksi dengan internet.

Read more ...

Our Divisions

 

Our Partners

TMN Studio

Who's Online

We have 71 guests and no members online